Perangkat ( PROTA ) PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Update

Program Tahunan ( PROTA ) PAI  dan Budi Pekerti  Kelas 1 dan Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2  Kurikulum 2013  

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2013
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM dan BUDI PEKERTI
Kelas 1 Semester 1 dan 2
   


Program tahunan dan program semester atau bahasa lainnya prota dan prosem kurikulum 2013 secara prinsip keberadaan sama dengan kurikulum sebelumnya, hanya saja format sedikit ada perbedaan jika sebelumnya kita mengenal standar kompetensi dan kompetensi dasar pada kurikulum 2013 kita mengenal kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Program tahunan merupakan bagian yang sangat penting dalam administrasi kelas, karena di dalam program tahunan ini sebagai alur pengembangan administrasi diantara rpp dn silabus untuk membatasi program tambahan lainnya. Program tahunan ini dilaksanakan selama 2 kali tri wulan atau 2 semester diantaranya semester 1 dan semester 2.

kami muat prota kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2 untuk mat pelajaran Pendidikan Agama Islam : diantara nya isi prota untuk tema dan sub tema di bawah ini :                         

  • Pelajaran 1.  Kasih Sayang 
  • Pelajaran 2. Aku Cinta Al Qur’an
  • Pelajaran 3. Iman kepada Allah SWT
  • Pelajaran 4. Jujur dan Percaya Diri
  • Pelajaran 5. Bersih itu Sehat
  • Pelajaran 6. Cinta Nabi dan Rasul
  • Pelajaran 7. Ayo Belajar 
  • Pelajaran 8. Ayo Belajar Alquran 
  • Pelajaran 9. Allah SWT
  • Pelajaran 10. Ayo Kita Salat
  • Pelajaran 11. Perilaku Terpuji.

PROGRAM TAHUNAN (PROTA)  MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Prota PAI Kelas 1 SD/MI

Satuan Pendidikan    :   SDN Mancagahar 1
Kelas                         :   I (satu)
Kompetensi Inti

KI 1 :Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 :Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

KI 3 :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KETERANGAN
1.1  Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2  Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
1.3  Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4   Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5   Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.1   Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2   Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3   Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4   Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5   Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6   Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7   Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8   Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
1 x 4 jam pelajaran
3.3     Mengenal makna Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4.3   Melafalkan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4 x 4 jam pelajaran
4.2.1   Melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2   Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.2  Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S al Fatihah, al-Ikhlas dan al ’Alaq (96): 1-5
9 x 4jam pelajaran

3.1  Mengetahui huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.1  Melafalkan huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
2 x 4jam pelajaran
3.6     Mengenal tata cara bersuci
4.6     Mempraktikkan tatacara bersuci
3 x 4 jam pelajaran
3.8  Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.8  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.10  Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.11  Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.9    Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s
4.9    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
1 x 4jam pelajaran
4.5   Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas
3.5  Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar
2 x 4 jam pelajaran
4.4  Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
3.4  Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
2 x 4 jam pelajaran
3.7     Memahami Č™holat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.1 Melaksanakan sholat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
3 x 4 jam pelajaran
3.13  Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.4     Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3 x 4 jam pelajaran
3.14   Memahami perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
4.5   Mencontohkan perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
3 x 4 jam pelajaran


Mengetahui
Kepala  Sekolah




Nip. 19711130 199312 1 001
Pemangkat…………………………2014
Guru  PAI


Prota PAI kelas 4 SD/MI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI



PROGRAM TAHUNAN (PROTA)  MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan    :   SDN Mancagahar 1
Kelas                           :   IV (empat)
Kompetensi Inti

KI 1   : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

KI 2   : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

KI 3   :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

KI 4  :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KETERANGAN
1.1   Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan besar
1.2   Menunaikan sholat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT
1.3   Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.4   Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.5    Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.6    Meyakini adanya rasul-rasul Allah SWT
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q. S At -Taubah (9): 119 Taubah (9): 119
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3   Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Hadiid (57): 9
2.4  Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5  Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahama n Q.S. Al -‘Alaq (96): 1 -5
2.6   Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw
2.7  Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8   Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37
2.9   Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 27Isra
3.6    Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
4.6.1  Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil
4.6.2  Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar
4.6.3   Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
3 x 4 jam pelajaran
3.1     Mengetahui Allah SWT itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
4.1     Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah SWT di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah SWT itu ada.
2 x 4 jam pelajaran
4.3     Membaca Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim dan maknanya
3.3     Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
4 x 4 jam pelajaran
3.15  Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
3.7     Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.15  Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
4.7     Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
2 x 4 jam pelajaran
3.4     Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
4.4     Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
3 x 4 jam pelajaran
3.10  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
3.11  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
3.13  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Musa a.s
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.11  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.13  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s

7 x 4 jam pelajaran

3.4     Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4.2     Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.2     Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4 x 4 jam pelajaran
3.8    Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
3.9    Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.8   Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.9   Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4 x 4 jam pelajaran
3.5     Memahami makna ibadah sholat
4.5.1  Memberikan contoh-contoh makna ibadah sholat
4.5.2  Menceritakan pengalaman melaksanakan sholat di  rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
4 x 4 jam pelajaran
3.14    Mengetahui kisah keteladanan Wali Songo
4.14    Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo
2 x 4 jam pelajaran


Mengetahui
Kepala  Sekolah



Erwanto, S.Pd
Nip. 19711130 199312 1 001
Pemangkat…………………………2014
Guru  PAI



Lahmudin S.Pd.I
Nip. 1966112 198807 1 002

Demikian yang dapat kami suguhkan mudah mudah an bermanfaat untuk kita semua amiin.
 lihat juga file pendukung lainnya disini :
Program Tahunan download disini
File Perangkat ( PROTA ) PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Update pada shared link di atas disimpan di Google Drive untuk memastikan file-file aman dari virus atau malware. Karena ketika file diupload ke Google Drive, file secara otomatis diperiksa dan di-scan antivirus oleh sistem Google Drive Cloud Storage. Dengan kata lain file beresiko atau yang berbahaya tidak diterima di Google Drive, dan menjamin semua file yang anda download melalui shared link dari layanan Google Drive akan aman anda pergunakan di perangkat komputer atau gadget anda.
Sekian informasinya tentang Perangkat ( PROTA ) PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Update kami berharap , semua file yang Admin berikan dapat menjadi referensi dan rekomendasi juga dapat memperkaya wawasan dan sekaligus bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan tugas yang sanagt mulia sebagai pendidik " ,dengan diiringai do'a yang tulus agar kita semua senantiasa diberikan kemudahan dan kesehatan dalam melanjutkan pengabadiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "Salam Satu Data " Unduh File Guru"

New Update

absensi kelas Adm UKS Administrasi Administrasi Kelas Administrasi Kelas SD/MI Administrasi Kelas TK/PAUD/RA/TPA Administrasi Sekolah Aplikasi Aplikasi Analisis Otomatis Berita Acara Berita acara PPDB Bimbingan Konseling BOP BOS BOS Sekolah BSM Buku Kamus BUku Mata Pelajaran SMP/Mts Buku PAI Kurtilas 2013 Revisi 2016 Buku Paket KTSP SD/MI Buku Paket KTSP SMP/Mts Buku Paket Kurikulum 2013 SMA/MA/SMK Buku Paket Kurtilas 2013 SD/MI Buku Paket Kurtilas 2013 SMP/Mts Buku Paket SD/MI Buku Paket SMA/MA/SMK Cetak SKHU dan Ijasah Contoh Makalah Contoh SK dan Surat DAPODIKDASMEN Download File Sekolah Ekstrakulikuler Folder Kisi-kisi dan Soal Info Pendidikan Inventaris Sekolah juknis Ijasah Juknis Pendidikan kabar pendidikan kalender Pendidikan kartu pelajar Karya Ilmiah kepramukaan kisi kisi soal KKG MGMP KO Kurikulum 2013 komite sekolah kreasi Seni Anak Sekolah Kumpulan Soal Soal Kumpulan soal soal SD Kumpulan soal soal SMA/MA/SMK Kumpulan soal soal SMA/SMK Lagu Lagu Nasional Leterasi Sekolah media Pembelajaran Modul Panduan Bagi Guru Pembelajaran PAUD/TK/RA perpustakaan PHBS PIP PKG Guru PLPG Sertifikasi Guru Program RTL SD/MI Proposal Pendidikan PTK Guru Raport Kurikulum 2013 SD/MI RKAS RKJM RKT RPP dan Silabus RPP dan Silabus Biologi SMA/MA/SMK RPP dan Silabus KTSP SMP/Mts RPP dan Silabus SD/MI RPP dan Silabus SMA/MA/SMK RPP Geografi SMA/MA/SMK RPP Kurikulum 2013 Rumusan Matematika Sertifikasi Guru SK dan UU pendidikan SKP Guru SMP/Mts/SMA/MA/SMK Soal Pemantapan SD/MI Soal SMA/MA dan SMK Soal TryOut SMP/Mts Soal UAS SD/MI Soal UAS SMP/Mts Soal Ujian Nasional Soal UKG Guru Soal UKK SD/MI soal Ulangan Soal Ulangan harian SD/MI Soal UN SMA/MA/SMK Soal UN SMP/Mts Soal US SD/MI Soal UTS SD/MI Soal UTS SMA/MA/SMK Tata Usaha TK/PAUD/RA UKG UT UUD Pendidikan VISI dan MISI