Panduan Pedoman Penyusunan Penganggaran Sekolah/lestaripendidikan

PanduanPedomanPenyusunanPenganggaranSekolah/lestaripendidikan

Salah satu tujuan utama pemerintah Indonesia di bidang pendidikan adalah menuntaskan Pendidikan Dasar 9 Tahun. Mulai dari Undang-Undang Dasar, UndangUndang Perlindungan Anak, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan peraturanperundangan yang ada saat ini telah menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk menyediakan pendidikan dasar bagi semua anak berumur 7 sampai dengan 15 tahun.
Panduan Pedoman Penyusunan Penganggaran Sekolah/lestaripendidikan
Panduan Pedoman Penyusunan Penganggaran Sekolah/lestaripendidikan

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kementerian Pendidikan Nasional telah memilih Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M) sebagai salah satu strategi. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM), Kementerian Pendidikan Nasional telah menetapkan visi: “Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif.”

Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah sasaran antara untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP) seperti yang diamanatkan oleh UU Sisdiknas. Sebagai sebuah standar minimal, maka yang dicakup dalam SPM hanyalah hal-hal minimal yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, analisis terhadap ketercapaian SPM saja tidak cukup untuk membantu sekolah/madrasah dalam membuat perencanaan sekolah/madrasah.

Pedoman Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Sekolah/Madrasah
Pedoman Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Sekolah/Madrasah


Pemenuhan SPM haruslah dijadikan acuan untuk penyusunan program, namun sekolah/madrasah juga harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan rencana pengembangan sekolah/madrasah ke depan dan mutu lulusan. Sebagai ujung tombak pelaksanaan program pendidikan dasar ini, program Wajib Belajar, penerapan MBS, pemenuhan SPM dan BOS harus ditanggapi secara positif sehingga penyelenggaraan program pendidikan dasar dapat benar-benar direalisasikan, baik dari jumlah maupun mutu.

Sekolah/madrasah harus mampu menghasilkan lulusan yang memenuhi kompetensi untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Sekolah/madrasah harus memperbaiki proses pembelajaran, termasuk meningkatkan manajemen di ruang kelas.

Sekolah/madrasah harus menyediakan, mengembangkan, dan mengelola sarana dan prasarana pendidikan dan sumberdaya lainnya secara lebih baik. Sekolah/madrasah juga harus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan hal-hal tersebut di atas.

Untuk itu, semua tindakan sekolah/madrasah harus bisa dipertanggungjawabkan dan transparan agar sekolah/madrasah memperoleh kepercayaan (trust) dari semua pemangku kepentingan. Untuk mencapai hal tersebut, sekolah/madrasah tidak ada pilihan selain 'berpikir sebelum bertindak', melakukan perencanaan dengan baik dan teliti yang dituangkan dalam sebuah 'dokumen kunci' yang bernama Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M). Melalui RKS/M diharapkan dana yang tersedia dapat dibelanjakan secara
bijaksana.

Nah, Mari kita lihat saja mengenai pedoman penyusunan perencanaan dan pelanggaran sekolah/madrasah

Link di bawah ini :

File Panduan Pedoman Penyusunan Penganggaran Sekolah/lestaripendidikan pada shared link di atas disimpan di Google Drive untuk memastikan file-file aman dari virus atau malware. Karena ketika file diupload ke Google Drive, file secara otomatis diperiksa dan di-scan antivirus oleh sistem Google Drive Cloud Storage. Dengan kata lain file beresiko atau yang berbahaya tidak diterima di Google Drive, dan menjamin semua file yang anda download melalui shared link dari layanan Google Drive akan aman anda pergunakan di perangkat komputer atau gadget anda.
Sekian informasinya tentang Panduan Pedoman Penyusunan Penganggaran Sekolah/lestaripendidikan kami berharap , semua file yang Admin berikan dapat menjadi referensi dan rekomendasi juga dapat memperkaya wawasan dan sekaligus bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan tugas yang sanagt mulia sebagai pendidik " ,dengan diiringai do'a yang tulus agar kita semua senantiasa diberikan kemudahan dan kesehatan dalam melanjutkan pengabadiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "Salam Satu Data " Unduh File Guru"

New Update

absensi kelas Adm UKS Administrasi Administrasi Kelas Administrasi Kelas SD/MI Administrasi Kelas TK/PAUD/RA/TPA Administrasi Sekolah Aplikasi Aplikasi Analisis Otomatis Berita Acara Berita acara PPDB Bimbingan Konseling BOP BOS BOS Sekolah BSM Buku Kamus BUku Mata Pelajaran SMP/Mts Buku PAI Kurtilas 2013 Revisi 2016 Buku Paket KTSP SD/MI Buku Paket KTSP SMP/Mts Buku Paket Kurikulum 2013 SMA/MA/SMK Buku Paket Kurtilas 2013 SD/MI Buku Paket Kurtilas 2013 SMP/Mts Buku Paket SD/MI Buku Paket SMA/MA/SMK Cetak SKHU dan Ijasah Contoh Makalah Contoh SK dan Surat DAPODIKDASMEN Download File Sekolah Ekstrakulikuler Folder Kisi-kisi dan Soal Info Pendidikan Inventaris Sekolah juknis Ijasah Juknis Pendidikan kabar pendidikan kalender Pendidikan kartu pelajar Karya Ilmiah kepramukaan kisi kisi soal KKG MGMP KO Kurikulum 2013 komite sekolah kreasi Seni Anak Sekolah Kumpulan Soal Soal Kumpulan soal soal SD Kumpulan soal soal SMA/MA/SMK Kumpulan soal soal SMA/SMK Lagu Lagu Nasional Leterasi Sekolah media Pembelajaran Modul Panduan Bagi Guru Pembelajaran PAUD/TK/RA perpustakaan PHBS PIP PKG Guru PLPG Sertifikasi Guru Program RTL SD/MI Proposal Pendidikan PTK Guru Raport Kurikulum 2013 SD/MI RKAS RKJM RKT RPP dan Silabus RPP dan Silabus Biologi SMA/MA/SMK RPP dan Silabus KTSP SMP/Mts RPP dan Silabus SD/MI RPP dan Silabus SMA/MA/SMK RPP Geografi SMA/MA/SMK RPP Kurikulum 2013 Rumusan Matematika Sertifikasi Guru SK dan UU pendidikan SKP Guru SMP/Mts/SMA/MA/SMK Soal Pemantapan SD/MI Soal SMA/MA dan SMK Soal TryOut SMP/Mts Soal UAS SD/MI Soal UAS SMP/Mts Soal Ujian Nasional Soal UKG Guru Soal UKK SD/MI soal Ulangan Soal Ulangan harian SD/MI Soal UN SMA/MA/SMK Soal UN SMP/Mts Soal US SD/MI Soal UTS SD/MI Soal UTS SMA/MA/SMK Tata Usaha TK/PAUD/RA UKG UT UUD Pendidikan VISI dan MISI