Definisi Pengertian Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 semester 1 dan 2-Lestari Pendidikan

Pengertian dan Penjelasan Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 semester 1 dan 2

Lestari Pendidikan : Pengertian dan Penjelasan Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 emester 1 dan 2 Silabus merupakan bagian dari administrasi sebagai bahan pendukung pendamping RPP, yang menjadikan bagian penting jalannya roda administrasi, silabus merupakan rencana yang menjabarkan standar kompetensi serta kompetensi dasar, pengelompokan mata pelajaran/tema tertentu, materi, pokok pembelajaran, indikator, penilaian , alokasi waktu dan sumber atau alat belajar lainnya.
Definisi Pengertian Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 semester 1 dan 2
Definisi Pengertian Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 semester 1 dan 2            


silabus secara kompetensi :

  • Kompetensi yang harus di tanam kan kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran 
  • Kompetensi yang di lakukan sesuai dengan kegiatan yang di lakukan 
  • kompetensi yang di lakukan harus tertanam serta di miliki oleh peserta didik
Manfaat dari silabus adalah sebagai pedoman sumber pokok dalam mengembangkan pembelajaran yang di mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran , pengolahan serta sampai penilaian  yang dilakukan oleh guru pembelajar, silabus mempunyai karakter serta prinsip pengembangan yang harus di penuhi.


Pengertian dan Penjelasan Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 emester 1 dan 2

1.  Prinsip Pengembangan Silabus
Dalam pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
  1. Ilmiah Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  2. Relevan.  Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  3. Sistematis. Komponen-komponen silabus  saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  5. Memadai.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Aktual dan Kontekstual.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  7. Fleksibel.  Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh.  Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
2. Unit Waktu Silabus
  1. Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan d tingkat  satuan pendidikan.
  2. Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.
  3. Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus  sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata  pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Khusus untuk  SMK/MAK menggunakan penggalan silabus berdasarkan  satuan kompetensi.
3. Pengembang Silabus
Pengembangan silabus  dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan. Berbagai cara/langkah dalam pengembangan silabus di antaranya adalah :
  1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
  2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut.
  3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
  4. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
  5. Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

4. Komponen-Komponen Silabus

Silabus dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terdiri dari beberapa komponen, sebagai berikut.

1. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran adalah batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

2. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai target yang harus dicapai dalam pembelajaran.Misalnya, mampu menyelesaikan diri dengan lingkungan dan sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

3. Hasil Belajar
Hasil belajar adalah kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar.Hasil belajar dalam silabus berfungsi sebagai petunjuk tentang perubahan perilaku yang akan dicapai oleh siswa sehubungan dengan kegiatan belajar yang dilakukan, sesuai dengan kompetensi dasar dan materi standar yang dikaji.Hasil belajar bisa berbentuk pengetahuan, keterampilan,maupun sikap.

4. Indikator Hasil Belajar
Indikator hasil belajar adalah ciri penanda ketercapain kompetensi dasar.Indikator dalam silabus berfungsi sebagai tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya perubahan perilaku pda diri siswa.Tanda-tanda ini lebih spesifik dan lebih dapat diamati dalam diri siswa, target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi atau tercapai.

5. Materi Pokok
Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian belajar.Secara umum materi pokok dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis,yaitu fakta,konsep,prisip,dan prosedur.

6. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran adalah bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi kegiatan  tatap muka dan non tatap muka (pengalaman belajar).

7. Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.

8. Adanya Penilaian
Penilaian adalah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan belajar siswa.

9. Sarana dan Sumber Belajar
Sarana dan sumber belajar adalah sarana dan sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Langkah-langkah Pengembangan Silabus
Sebagaimana telah dikemukakan dalam uraian sebelumnya, bahwasannya Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.  Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Mengembangkan silabus dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

1.   Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran  sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan  memperhatikan hal-hal berikut:
  • urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan  materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di Standar Isi;
  • keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;  keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata  pelajaran.
2.   Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran

Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
  • potensi peserta didik;
  • relevansi dengan karakteristik daerah,
  • tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
  • kebermanfaatan bagi peserta didik;
  • struktur keilmuan;
  • aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
  • relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
  • alokasi waktu.
saya ingin berbagi link download silabus PAI kelas 1,2,3,4,5, dan 6 SD/MI untuk Semester 1 dan 2 Terlengkap :
Silabus PAI Semester 2 Kelas 1,2,3,4,5, dan 6

Silabus PAI Semester 1 Kelas 1,2,3,4,5, dan 6



Itu lah beberapa file bagian administrasi kelas untuk SD/MI sebagai pengembangan pengajaran yang harus kita pahami  dan mudah mudah an bisa menjadikan perbandingan yang akan kita kuasai mudah mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua dengan kemajuan nya pendidikan yang kita geluti.
lihat juga file file kebutuhan pengajara yang bermutu.
File Definisi Pengertian Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 semester 1 dan 2-Lestari Pendidikan pada shared link di atas disimpan di Google Drive untuk memastikan file-file aman dari virus atau malware. Karena ketika file diupload ke Google Drive, file secara otomatis diperiksa dan di-scan antivirus oleh sistem Google Drive Cloud Storage. Dengan kata lain file beresiko atau yang berbahaya tidak diterima di Google Drive, dan menjamin semua file yang anda download melalui shared link dari layanan Google Drive akan aman anda pergunakan di perangkat komputer atau gadget anda.
Sekian informasinya tentang Definisi Pengertian Silabus SD/MI Terlengkap Kelas 1, 2, 3 4, 5, dan 6 semester 1 dan 2-Lestari Pendidikan kami berharap , semua file yang Admin berikan dapat menjadi referensi dan rekomendasi juga dapat memperkaya wawasan dan sekaligus bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan tugas yang sanagt mulia sebagai pendidik " ,dengan diiringai do'a yang tulus agar kita semua senantiasa diberikan kemudahan dan kesehatan dalam melanjutkan pengabadiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "Salam Satu Data " Unduh File Guru"

New Update

absensi kelas Adm UKS Administrasi Administrasi Kelas Administrasi Kelas SD/MI Administrasi Kelas TK/PAUD/RA/TPA Administrasi Sekolah Aplikasi Aplikasi Analisis Otomatis Berita Acara Berita acara PPDB Bimbingan Konseling BOP BOS BOS Sekolah BSM Buku Kamus BUku Mata Pelajaran SMP/Mts Buku PAI Kurtilas 2013 Revisi 2016 Buku Paket KTSP SD/MI Buku Paket KTSP SMP/Mts Buku Paket Kurikulum 2013 SMA/MA/SMK Buku Paket Kurtilas 2013 SD/MI Buku Paket Kurtilas 2013 SMP/Mts Buku Paket SD/MI Buku Paket SMA/MA/SMK Cetak SKHU dan Ijasah Contoh Makalah Contoh SK dan Surat DAPODIKDASMEN Download File Sekolah Ekstrakulikuler Folder Kisi-kisi dan Soal Info Pendidikan Inventaris Sekolah juknis Ijasah Juknis Pendidikan kabar pendidikan kalender Pendidikan kartu pelajar Karya Ilmiah kepramukaan kisi kisi soal KKG MGMP KO Kurikulum 2013 komite sekolah kreasi Seni Anak Sekolah Kumpulan Soal Soal Kumpulan soal soal SD Kumpulan soal soal SMA/MA/SMK Kumpulan soal soal SMA/SMK Lagu Lagu Nasional Leterasi Sekolah media Pembelajaran Modul Panduan Bagi Guru Pembelajaran PAUD/TK/RA perpustakaan PHBS PIP PKG Guru PLPG Sertifikasi Guru Program RTL SD/MI Proposal Pendidikan PTK Guru Raport Kurikulum 2013 SD/MI RKAS RKJM RKT RPP dan Silabus RPP dan Silabus Biologi SMA/MA/SMK RPP dan Silabus KTSP SMP/Mts RPP dan Silabus SD/MI RPP dan Silabus SMA/MA/SMK RPP Geografi SMA/MA/SMK RPP Kurikulum 2013 Rumusan Matematika Sertifikasi Guru SK dan UU pendidikan SKP Guru SMP/Mts/SMA/MA/SMK Soal Pemantapan SD/MI Soal SMA/MA dan SMK Soal TryOut SMP/Mts Soal UAS SD/MI Soal UAS SMP/Mts Soal Ujian Nasional Soal UKG Guru Soal UKK SD/MI soal Ulangan Soal Ulangan harian SD/MI Soal UN SMA/MA/SMK Soal UN SMP/Mts Soal US SD/MI Soal UTS SD/MI Soal UTS SMA/MA/SMK Tata Usaha TK/PAUD/RA UKG UT UUD Pendidikan VISI dan MISI